Mafia, Organisasi Kejahatan Paling Terkenal di Seluruh Dunia

MAFIA

Mafia
Mungkin inilah organisasi kejahatan yang paling terkenal di seluruh dunia dan sudah sangat sering diangkat dalam kisah novel, film, ataupun cerita lainnya dalam berbagai bentuk. Mafia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis sindikat kejahatan terorganisir yang utamanya melakukan tindak kriminal pemerasan, penggunaan intimidasi dengan kekerasan untuk memanipulasi kegiatan ekonomi lokal, terutama perdagangan gelap. Kegiatan lainnya yang dipraktekkan seperti perdagangan narkoba, lintah darat dan penipuan. Mereka terikat bersama dalam aturan-aturan yang berupa kode etik kehormatan Mafia (Omerta) di Italia selatan, dan anggotanya bersatu untuk melindungi Mafia dari gangguan luar dan penegak hukum.

Istilah Mafia awalnya diberikan pada Mafia Sisilia di Italia, tetapi kemudian diperluas untuk mencakup organisasi lain yang metodenya serupa dan tujuan yang sama, misalnya "Mafia Rusia", "Mafia Jepang" atau biasa disebut Yakuza, atau "Mafia Albania", dan lain-lain. Istilah ini diterapkan secara informal oleh pers dan publik; organisasi kriminal itu sendiri memiliki istilah dalam penyebutan diri mereka (misalnya Sisilia dan Mafia Amerika yang didirikan oleh imigran keturunan Italia) menyebut dirinya "Cosa Nostra", Mafia Meksiko menyebut dirinya "La Eme" dan "Japanese Mafia" menyebut dirinya "Yakuza". Ketika kosakata Mafia digunakan sendiri, kata "Mafia" biasanya merujuk ke Mafia Sisilia atau Mafia Amerika.

Empat organisasi Mafia yang paling dikenal di seluruh dunia adalah:
  • Mafia Sisilia (Italia),

    Juga dikenal sebagai Cosa Nostra (dalam bahasa Inggris "Our Thing"), adalah sindikat kriminal di Kepulauan Sisilia, Italia. Organisasi ini adalah sebuah asosiasi dari kelompok kriminal yang memiliki struktur umum organisasi dan kode etik, dan yang utamanya bergerak dalam jasa perlindungan keamanan dan pemerasan. Masing-masing kelompok, yang dikenal sebagai "keluarga", " klan", atau "cosca", mengklaim kedaulatan atas suatu wilayah, biasanya kota atau desa atau lingkungan (Borgata) dari kota yang lebih besar, khususnya di mana mereka beroperasi. Anggotanya menyebut diri mereka "orang-orang terhormat", meskipun masyarakat sering menyebut mereka sebagai "mafiosi/mafioso". Menurut definisi klasik, Mafia adalah organisasi kriminal yang berasal dari Sisilia. Namun, istilah "mafia" kemudian berkembang luas menjadi istilah generik untuk menyebut setiap jaringan kriminal terorganisir dengan struktur serupa, metode, dan kepentingan yang sama.
    **Keterangan gambar: Pasquale Condello, salah seorang boss organisasi Mafia, ditangkap oleh kepolisian Italia.

    The Mafia sering bekerjasama secara paralel, namun tidak jarang terjadi bentrokan dengan sesama Mafia di wilayah yang sama. Jaringan Mafia yang berasal dari bagian lain dari Italia selatan, seperti Camorra (dari Campania), 'Ndrangheta (dari Calabria), Stidda (selatan Sisilia) dan Sacra Corona Unita (dari Apulia). Giovanni Falcone, seorang hakim anti-Mafia yang dibunuh oleh anggota Mafia pada tahun 1992, menyatakan keberatan dengan penggabungan dari istilah "Mafia" dengan kejahatan terorganisir secara umum:
    The American Mafia muncul sebagai cabang dari Mafia Italia yang mulai bermunculan di Amerika Serikat pada akhir abad kesembilan belas, setelah gelombang emigrasi dari Italia tiba di Amerika Serikat. Ada cabang yang sama di Kanada yang didirikan oleh orang-orang Italia di Kanada. Hal yang sama telah diklaim yakni terbentuknya jaringan kejahatan terorganisir oleh orang-orang Italia di negara Australia.

  • Russian Mafiya (Russia)
    Dalam abjad Rusia: "мафия русская" atau dibaca Mafiya Russkaya atau bratva, adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada berbagai elemen kejahatan terorganisir yang berasal dari negara-negara bekas Uni Soviet. Meskipun bukan organisasi kriminal tunggal, sebagian besar kelompok individu berbagi tujuan yang sama dalam suatu struktur organisasi, mendefinisikan mereka sebagai bagian dari asosiasi keseluruhan. Kejahatan terorganisir di Rusia dimulai pada masa kekaisaran Tsar, tapi itu tidak sampai era Soviet dimana Vory v zakone ("pencuri mertua") muncul sebagai pemimpin kelompok penjara di Gulag (kamp kerja paksa di penjara Soviet), dan sejak kemunculan merekalah kode kehormatan dalam kelompok Mafia Russia didefinisikan dengan lebih jelas. Setelah Perang Dunia II, kematian Joseph Stalin, dan jatuhnya Uni Soviet, banyak geng bermunculan dan berkembang di pasar gelap, memanfaatkan pemerintahan yang tidak stabil dari negara-negara bekas Uni Sovyet, dan pada titik tertinggi bahkan mengontrol sebanyak dua-pertiga dari ekonomi Rusia.

    Louis Freeh, mantan direktur FBI, pernah mengatakan mafia Rusia menimbulkan ancaman terbesar bagi keamanan nasional AS pada pertengahan 1990-an. Di zaman modern sekarang ini, ada sebanyak 6.000 kelompok yang berbeda, dengan lebih dari 200 dari mereka memiliki jangkauan operasi berskala global. Penjahat dari berbagai kelompok yang baik mantan anggota geng di penjara, pejabat Komunis korup, dan pemimpin bisnis, orang-orang dengan ikatan etnis, atau orang-orang dari daerah yang sama saling berbagi pengalaman kriminal dan memiliki pemimpin. Pada bulan Desember 2009, Timur Lakhonin, kepala National Central Bureau Interpol Rusia, menyatakan, "Tentu saja , ada kejahatan yang melibatkan mantan rekan-rekan kami di luar negeri , tetapi tidak ada data yang menunjukkan bahwa struktur terorganisir kelompok kriminal yang terdiri dari mantan orang Rusia yang berada di luar negeri", sedangkan pada bulan Agustus 2010, Alain Bauer, seorang kriminolog Perancis, mengatakan bahwa itu "Mafia Rusia adalah salah satu yang terbaik dan organisasi kriminal paling terstruktur di Eropa, dengan operasi setara militer."

  • American Mafia (Amerika Serikat)
  • The American Mafia, umumnya dikenal sebagai Mafia atau Mafia Italia atau Mob Italia, atau Mob di Amerika Serikat, adalah masyarakat kriminal keturunan Italia-Amerika. Serupa dengan Mafia Sisilia, Italia-Amerika Mafia adalah masyarakat kriminal rahasia tanpa nama formal. Anggotanya biasanya menyebutnya sebagai Cosa Nostra (pengucapan Italia: [ kɔza nɔstra ], bahasa Italia untuk "urusan kami"). Pers juga telah menciptakan nama "National Crime Syndicate" untuk merujuk pada keseluruhan kejahatan terorganisir di Amerika Serikat, termasuk Mafia. The Mafia muncul di New York Lower East Side, daerah lain di Pantai Timur Amerika Serikat, dan beberapa daerah metropolitan utama lainnya (seperti New Orleans misalnya) pada akhir abad 19 dan awal abad ke-20 menyusul gelombang imigrasi dari Italia, terutama dari kepulauan Sisilia.
    Organisasi ini berakar pada Mafia Sisilia, tapi merupakan organisasi yang benar-benar terpisah di Amerika Serikat. Neapolitan, Calabria, dan kelompok kriminal Italia lainnya, serta kriminal Italia-Amerika yang berdiri sendiri, akhirnya bergabung dengan Mafia Sisilia untuk menciptakan keluarga Salah satu pentolan Mafia Amerika yang paling banyak dikenal orang adalah Al Capone, dimana sosoknya diangkat dalam berbagai film Hollywood bertema Mafia. Mafia keturunan-Italia yang modern di Amerika Utara. Saat ini, Mafia Amerika bekerja sama dalam berbagai kegiatan kriminal dengan Mafia Sisilia dan kelompok-kelompok kejahatan terorganisir Italia lainnya, seperti Camorra, 'Ndrangheta, dan Sacra Corona Unita. Unit yang paling penting dari Mafia Amerika adalah bahwa merkea adalah bagian dari "keluarga" yang berasal dari berbagai organisasi kriminal yang membuat Mafia dikenal sangat luas dan mempunyai jaringan yang kuat. Meskipun nama "keluarga" untuk menggambarkan berbagai unit, suksesi pemimpin Mafia Amerika tidak selalu turun-temurun, meskipun hal tersebut mungkin saja terjadi.
    keterangan: Para "Boss" Mafia di Amerika. Sumber: FBI intellegence.

    The Mafia saat ini paling aktif di New York City, New Jersey, Philadelphia, New England, Detroit, dan Chicago, dengan keluarga yang lebih kecil, asosiasi, dan kru di tempat-tempat seperti Florida, Las Vegas, Los Angeles, dan Texas. Ada setidaknya 26 kota di seluruh Amerika Serikat dengan keluarga Cosa Nostra, dengan banyak cabang, kelompok sempalan dan rekan di kota lain. Ada lima keluarga New York City Mafia utama, yang dikenal sebagai Lima Keluarga: the Gambino, Lucchese, Genovese, Bonanno dan keluarga Colombo.


    Susunan Kepangkatan dalam sebuah Organisasi Keluarga Mafia

    Pada puncaknya, Mafia mendominasi kejahatan terorganisir di AS Meskipun setiap keluarga yang melancarkan kejahatan beroperasi secara independen, koordinasi nasional disediakan oleh sebuah Komite, yang terdiri dari para bos dari masing-masing keluarga terkuat. Penegakan hukum masih menganggap Mafia kelompok kejahatan terorganisir yang terbesar di Amerika Serikat . Ini kemudian mempertahankan kontrol atas banyak aktivitas kejahatan terorganisir di Amerika Serikat dan bagian-bagian tertentu dari Kanada (Lihat saja kejahatan keluarga Rizzuto). Saat ini sebagian besar kegiatan mafia yang terkandung ke Timur Laut Amerika Serikat dan Chicago di mana mereka terus mendominasi kejahatan terorganisir meskipun meningkatnya jumlah geng jalanan dan organisasi lain yang tidak berasal dari Italia.

  • Black Mafia Family (Amerika Serikat)
    BMF adalah sebuah organisasi perdagangan narkoba yang awalnya berbasis di Detroit, Michigan, yang didirikan pada akhir 1980-an oleh dua bersaudara Demetrius dan Terry Flenory. Pada tahun 2000, mereka telah membangun sel distribusi kokain di kota-kota di seluruh Amerika Serikat. Melalui sumber pemasok obat bius yang berbasis di Los Angeles, mereka menjalin hubungan langsung dengan kartel narkoba Meksiko. Mereka membentuk dua hub utama untuk operasi perdagangan narkoba mereka, yaitu: "Atlanta, Georgia hub", khusus untuk distribusi narkotik, dioperasikan oleh kakak Demetrius, sedangkan "Los Angeles, California hub" dioperasikan oleh Terry untuk menangani pengiriman yang masuk dari Meksiko.
    Klik gambar untuk memperjelas.

    Sekitar tahun 2000, organisasi mencoba untuk melegitimasi dirinya dengan memasuki bisnis musik hip-hop, memulai sebuah perusahaan bernama BMF Entertainment. Melalui BMF Entertainment, mereka membantu mempromosikan sejumlah artis, termasuk Young Jeezy, dan Bleu DaVinci. Sebelum mereka masuk ke bisnis musik, Flenory Brothers dikenal dekat dengan sejumlah seniman hip-hop terkenal, termasuk Jay-Z dan Fabolous.
    Pada tahun 2005 , Drug Enforcement Administration ( DEA ) mendakwa anggota Black Mafia Family. Kedua bersaudara ini dijatuhi hukuman 30 tahun hingga seumur hidup. Dakwaan berikutnya akhirnya dikenakan kepada lebih dari 150 anggota organisasi tersebut. Jaksa penuntun menyebutkan organisasi membuat lebih dari $270.000.000 (sekitar Rp 3.181.950.000.000,- atau lebih dari tiga trilyun rupiah) selama organisasi mereka berjalan.

Sekian dulu yaa, nanti saya lanjut lagi artikelnya
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar