Tips Mengatasi Panas Samsung Galaxy S4

Galaxy S4

Sejak diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2013, Samsung Galaxy S4 menuai banyak respons positif dan negatif dari penggunanya.

Disamping dari processor nya yang berkecepatan tinggi, dan layarnya yang Super AMOLED berdefinisi tinggi Full HD 1920 x 1080p dengan kaca tahan gores Gorilla Corning Glass, kamera 13 Mega Pixels yang kualitasnya sangat baik, juga dibenamkan berbagai fitur canggih seperti Gesture Air yang membuatnya bisa dioperasikan hanya dengan kibasan tangan tanpa perlu menyentuh layarnya, dan perintah suara yang cukup responsif.

Namun ada sejumlah kekurangan yang cukup mengganggu dan banyak dilaporkan oleh penggunanya. Salah satunya adalah perangkat yang cepat panas apabila digunakan dan konsumsi baterai yang cukup boros walaupun sudah dibekali dengan baterai 2.600 mAh. Sejumlah laporan di web menyatakan bahwa suhu bisa mencapai 50 derajat celcius dan mengakibatkan sensasi terbakar di tangan atau di telinga saat digunakan untuk menelpon. Bahkan ada kasus dimana Samsung Galaxy S4 dilaporkan meledak dan mengakibatkan kebakaran di sebuah apartemen di Hongkong.

Penyebab Panas Samsung Galaxy S4

Panas tersebut disebabkan oleh processor Galaxy S4 Quad Core (Untuk di Indonesia adalah type GT-i9505 yang menggunakan Samsung Exynos5 OctaCore alias delapan inti CPU dengan kecepatan 1,6GHz untuk masing-masing core) yang tidak memiliki system pendinginan yang baik dikarenakan oleh desain smartphone yang sangat tipis sehingga tidak ada ruang udara di dalamnya untuk mengeluarkan panas dari dalam perangkat smartphone.

 Seperti halnya CPU pada komputer, Processing Unit tersebut menghasilkan panas yang sangat tinggi ketika bekerja mengolah data dan grafis. Namun bedanya jika di komputer terdapat sistem pendinginan berupa heatsink, kipas di motherboard dan casing untuk membuang hawa panas yang dihasilkan sehingga komputer tetap terjaga dalam suhu yang normal, di Smartphone Samsung Galaxy S4 yang menggunakan CPU super kencang ini tidak ada system pendinginan yang mumpuni.

Akibatnya perangkat smartphone menjadi panas dan terkadang overheating hingga 50 derajat celcius. Bahkan ketika sebuah majalah khusus gadget mencoba melakukan overclock processor SGS4, panasnya meningkat hingga 77 derajat celcius. Padahal pihak Samsung sendiri kabarnya telah memasang batasan panas (thermal limit) untuk gadget ini, namun tetap saja masalah panas pada perangkat SGS4 dikeluhkan oleh penggunanya. Hal ini juga mengakibatkan konsumsi baterai menjadi sangat boros dan sanggup menghabiskan daya 2.600mAh dalam 6 hingga 7 jam saja.



Tips Mengatasi Panas Samsung Galaxy S4

Untuk sementara, pihak Samsung belum memberi keterangan resmi terkait keluhan dari pengguna Samsung Galaxy S4, dan dari berbagai situs internet yang menawarkan solusi, terdapat sejumlah saran yang bisa diterapkan untuk menghindari panas berlebih pada gadget S4 Anda sekaligus untuk menghemat baterai:

  • Perangkat Samsung Galaxy S4 Anda akan tetap mencari koneksi internet yang tersedia (active internet connection) bahkan ketika didiamkan atau Anda tidak sedang menggunakannya, jadi mungkin ada baiknya Anda mematikan perangkat smartphone Anda ketika sedang mengisi ulang daya (charging).
  • Matikan fitur-fitur yang jarang Anda gunakan seperti misalnya: GPS, bluetooth, Wi-Fi, Fitur Smart Scroll, Gesture Air, Smart Stay, Air Shuffle, Motion Gesture, dan sebagainya. Hanya hidupkan fitur ini ketika Anda akan menggunakan fiturnya.
  • Kurangi kecerahan layar (brightness) pada gadget Anda secara manual dan perpendek jarak waktu penguncian otomatis (screen timeout) untuk menghemat daya baterai.
  • Pilihlah wallpaper yang didominasi warna hitam mengingat layar AMOLED akan mati secara otomatis apabila menampilkan pixels yang berwarna hitam, sehingga dapat mengurangi pemakaian baterai.
  • Gunakan fitur penghemat daya (power saving) yang sudah dibenamkan Samsung (built in) di dalam perangkat Anda. Menu power saving ini terdapat di menu settings.
  • Gunakan task manager yang sudah ter-install di perangkat Anda untuk membersihkan RAM dari pemakaian aplikasi yang sudah selesai digunakan dan menutup aplikasi lainnya yang masih berjalan tapi tidak digunakan.
  • Jangan men-download/meng-install aplikasi penghemat baterai dan aplikasi Task Manager / Apps Killer dari developer lain (third party) mengingat Samsung sudah menyediakan fitur tersebut ter-install secara built-in di dalam Smartphone Galaxy S4 Anda.

Selamat mencoba, semoga berhasil. :)
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar